. BAGAN | CORETAN GRAFIS

BAGAN


Istilah bagan meliputi berbagai jenis presentasi grafis seperti peta, grafik, lukisan, diagram, poster, dan bahkan kartun. Dalam hubungan ini, bagan didefinisikan sebagai kombinasi antara media grafis dan gambar foto yang dirancang untuk menvisualisasikan secara logis dan teratur mengenai fakta pokok atau gagasan. Fungsi yang uatama dari bagan adalah menunjukkan hubungan, perbandingan, jumlah relatif, perkembangan, proses, klasifikasi dan organisasi.
Ada beberapa jenis bagan yaitu:

1.       Bagan Pohon
Sesuai dengan namanya, bagan pohon dikembangkan dari dasar yang terdiri atas beberapa akar menuju batang tunggal. Kemudian cabang-cabang pohon tersebut menggambarkan perkembangan serta hubungan. Contoh: bagan silsilah

2.       Bagan Alir
Merupakan kebalikan dari bagan pohon yang berfungsi untuk mempertujukkan, bagaimana berbagai unsur penting dikombinasikan sehingga membentuk satu produksi dikenal sebagai bagan alir.

3.       Bagan Arus
Sebuah organisasi yang beranggotakan pelajar atau sebuah kesatuan pemerintahan, proses pengembangan kepemimpinan industri, atau langkah-langkah dari mana sebuah rencana undang-undang menjadi undang-undang dapat divisualisasikan dengan bagan arus atau bagan organisasi yang cocok untuk mempertunjukkan fungsi, hubungan, dan proses.

4.       Bagan Tabel
Urutan hubungan seperti yang terdapat pada garis waktu atau tabel-tabel waktu dapat dipertunjukkan pada bagan tabel. Satu nilai yang unik dari bagan tabel adalah kemampuannya dalam mempertunjukkan hubungan. Variasi bentuk bagan ini termasuk tabel informasi, semacam argumentasi, dan sanggahan atas perjanjian yang berlaku.

Posting Komentar