. POSTER | CORETAN GRAFIS

POSTER


Apa itu poster?
Poster telah mengisi fungsi yang unik di tengah-tengah media komunikasi visual. Peranannya sangat cepat dalam mengingatkan kembali kepada para pengamat pada satu gagasan penting. Misalnya “Belilah Produksi Dalam Negeri”, “Dukunglah Tim Anda”, “Jagalah Kebersihan”, dan lain-lain. Oleh karena itu, poster harus memiliki daya tarik pandang yang kuat jika ingin menarik perhatian dan mempunyai pengaruh cukup kuat dalam menyampaikan pesan. Dengan demikian, poster dapat didefinisikan sebagai kombinasi visual dari rancangan yang kuat, dengan warna, dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang yang lewat tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatan.

KARAKTERISTIK POSTER
Poster yang baik harus dinamis, menonjolkan kualitas. Poster harus sederhana tidak memerlukan pemikiran bagi pengamat secara terinci, harus cukup kuat untuk menarik perhatian, bila tidak, akan hilang kegunaannya.
Pada prinsipnya, poster merupakan gagasan yang dicetuskan dalam bentuk ilustrasi gambar yang disederhanakan yang dibuat dalam ukuran besar, bertujuan untuk menarik perhatian, membujuk, memotivasi, atau memperingatkan gagasan pokok, fakta, atau peristiwa tertentu. Desain sebuah poster merupakan perpaduan antara keserhanaan serta dinamika. Berbagai warna yang mencolok dan kontras seringkali dipakai dalam poster.
Poster-poster yang efektif pada umumnya enak dipandang walaupun tidak perlu nyata dalam kejadian seperti poster perang, keselamatan lalu lintas, bahaya kebakaran dan semacamnya. Poster-poster menjelma dengan desain bagus, penulisan bagus, serta warna yang  menarik pandangan seperti pada jenis poster yang digunakan di sekolah, dan kampanye rumah tangga, memerlukan daya tarik untuk memikat perhatian dalam sekali lihat. Poster yang memikat adalah perpaduan antara menyenangkan serta menarik hati, kedua-duanya merupakan unsur yang kuat di dalam belajar.
Hal yang harus diperhatikan dalam membuat poster: 
  • Kebanyakan poster bertumpu pada luasnya kata-kata dalam menyampaikan pesan ,namun pada umumnya dipergunakan sedikit kata, dan hanya kata-kata kunci yang ditonjolkan dengan cara menempatkan kedudukan huruf atau bersarnya ukuran huruf. Tiga buah kata-kata dalam poster lebih efektif daripda sebuah kalimat yang panjang.
  •      Komposisi, warna, dan teknik adalah unsur yang pokok dalam penyajian poster yang efektif. Oleh sebab itu poster memiliki keperluan cara pengerjaan tertentu yang berbeda dengan kebanyakan media lainnya.
  •        Imajinasi kreatif, ditambah dengan pemusat perhatian yang bagus, akan membantu penyampaian gagasan yang efektif.
  •        Untuk kehalusan, umumnya dihindarkan dalam mendukung tekanan dan kontras yang tegas. Warna memberi arti dan ungkapan seindah lukisan yang bagus. Warna memberikan sifat kontras dan kuat, karena merupakan daya tarik bagi sebuah poster yang baik.
  •       Dalam penggunaan warna janganlah disamakan. Perbedaan warna pun didasarkan pada tujuan. Dengan demikian, poster merupakan keunikan dalam tujuan serta konstruksinya.

KEGUNAAN POSTER 

  • UNTUK MEMOTIVASI
Penggunaan poster dalam pengajaran sebagai pendorong atau motivasi kegiatan belajar siswa. Diskusi dapat dilakukan setelah diperlihatkan sebuah poster berkenaan dengan bahan pengajaran. Di pihak lain poster dapat merangsang anak untuk mempelajari lebih jauh dan atau ingin lebih tahu hakikat dari pesan yang disampaikan melalui poster tersebut.
  • SEBAGAI PERINGATAN
Poster bisa menyadarkan setiap anak sekolah dasar bahwa menggosok gigi itu sangat penting, memelihara kebersihan lingkungan dapat mencegah penyakit, dan lain-lain.
Pesan melalui poster yang tepat, akan membantu menyadarkan siswa, sehingga diharapkan bisa berubah perilakunya dalam praktik sehari-hari sehingga menjadi  kebiasaan. Upaya menyadarkan atau mengingatkan manusia sangat penting sebab adanya kemampuan daya ingat manusia untuk terbiasa serta sifat-sifat tak mempedulikan lingkungan.
  • ·         PENGALAMAN YANG KREATIF
Sebagai alat bantu mengajar, poster memberi kemungkinan belajar kreatif dan partisipasi. Kehadiran poster dalam proses belajar mengajar memberi kesempatan kepada siswa untuk melukiskan tentang apa yang mereka pelajari. Dengan kata lain, poster memberikan pengalaman baru sehingga menumbuhkan kreativitas siswa dalam cara belajarnya.

Posting Komentar