. KOMIK | CORETAN GRAFIS

KOMIK




APA ITU KOMIK?
Komik adalah suatu bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan memerankan suatu cerita dalam urutan yang erat dihubungkan dengan gambar dan dirancang untuk memberikan hiburan kepada para pembaca.

KARAKTERISTIK KOMIK
  • Komik harus dikenal agar kekuatan mediumnya bisa dihayati.
  • Komik memusatan perhatian dinsekitar rakyat.
  • Cerita-ceritanya mengenai diri pribadi sehingga pembaca dapat segera mengidentifikasikan dirinya melalui perasaan serta tindakan dari perwatakan-perwatakan tokoh utamanya.
  • Cerita-ceritanya ringkas dan menarik perhatian, dilengkapi dengan aksi, bahkan dalam lembaran surat kabar, buku-buku.
  • Komik dibuat lebih hidup serta diolah dengan pemakaian warna-warna uatama secara bebas. 

PENGGUNAAN KOMIK DALAM PENGAJARAN
Luasnya popularitas komik telah mendorong banyak guru bereksperimen dengan medium ini untuk maksud pengajaran. Suatu analisis terhadap bahasa komik oleh Thorndike menunjukkan ada segi yang menarik. Dapat diketahui bahwa anak yang membaca sebuah buku komik setiap bulan, hampir 2 kali banyaknya kata-kata yang dapat dibaca sama dengan yang terdapat pada buku-buku bacaan yang dibacanya setiap tahun terus-menerus. Thorndike berkesimpulan bahwa baik jumlah maupun perwatakan dari segi perbendaharaan kata melengkapi secara praktis dalam membaca untuk para pembaca muda.

Buku teknik komik dapat diterapkan kepada berbagai lapangan ilmu pengetahuan, hal itu disebabkan karena penampilannya luas, teknik komik seringkali diterapkan kepada penjelasan yang sungguh-sungguh daropada sebagai hiburan semata. Sebagai contoh, guru harus menggunakan motivasi potensial dari buku-buku komik, tetapi jangan berhenti hanya sampai di situ saja. Sekali minat telah dibangkitkan, cerita bergambar harus dilengkapi oleh materi bacaab, film, foto, mode, percobaab serta berbagai kegiatan yang kreatif.

Peranan dari buku komik dalam pengajaran sebaiknya dipadu dengan metode mengajar, sehingga komik akan dapat menjadi alat pengajaran yang efektif. Komik merupakan suatu bentuk bacaan di mana anak membacanya tanpa harus dibujuk. Melalui bimbingan dari guru, komik dapat berfungsi sebagai jembatan untuk menumbuhkan minat baca.

Guru harrus membantu para siswa untuk menemukan komik yang baik dan mengasyikkan, juga mengajar mereka untuk memilih-milih komik, sehingga kita yakin anak dapat menerima bacaan komik sesuai dengan taraf pikirannya. Di pihak lain guru juga harus menolong mereka menuju cakrawala yang lebih luas akan minat serta apresiasinya.
 

Posting Komentar